Kamis, 28 Oktober 2010

Lantamal Kerahkan Empat Kapal Perang Bantu Mentawai

Padang, (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat mengerahkan empat unit kapal perang untuk menyalurkan bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Mentawai.

Empat kapal perang tersebut yakni KRI Imam Bonjol, KRI Gilimanuk, KRI Cirebon dan KRI Teluk Manado yang dijadwalkan tiba Jumat (29/10), kata Asisten Operasi Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Teluk bayur Kolonel laut Indarto Budiarto di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, kapal perang tersebut membawa bantuan obat-obatan dari palang merah indonesia (PMI) dan personel kesehatan dari marinir AL.

Selain obat-obatan dan logistik lainnya, KRI Imam Bonjol juga membawa satu unit helikopter dan satu unit pesawat jenis cassa.

Lebih lanjut ia menjelaskan, seluruh kapal perang tersebut nantinya juga dioperasikan untuk menyalurkan segala bentuk bantuan dari Kota Padang dan mengangkut relawan yang akan menuju Mentawai.

Ia juga menambahkan, saat ini Lantamal II Padang sudah membuat posko bantuan di perairan laut Mentawai dan juga mendirikan posko kesehatan untuk korban yang tidak tertampung di rumah sakit darat.

"Semua personel kita siapkan untuk menunjang bantuan dari pemerintah dan donatur," katanya.

Ia juga mengimbau para donatur yang memberikan bantuan menyerahkan lansung ke posko Lantamal II Teluk Bayur Padang.

"Kita menghindari agar tidak terjadi penumpukan bantuan yang akan disalurkan ke Mentawai," katanya.

Ia mengharapkan kapal perang tersebut datang sesuai jadwal dan tidak mengalami gangguan dalam perjalanan menuju Padang.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar