Senin, 20 September 2010

Bupati Shadiq : Masihkah Padang Ganting Pencetak Intelektual ?

“Sebagai warga Tanah Datar dan sebagai orang yang mempunyai ikatan benang merah dengan warga Padang Ganting, saya sangat bangga sekali,” kata Bupati M.Shadiq Pasadigoe ketika melantik Wali Nagari Padang Ganting Amril Agus, SE.Akt di depan mesjid Syuhadak Koto Gadang Padang Ganting Senin (23/3).

Menurut Bupati, apa saja kegiatan yang dilaksanakan di Padang Ganting ini Insya Allah tetap saya hadiri, karena begitu kentalnya hubungan emosional antara saya dengan warga disini. Kakak saya dengan Uni Leha di jorong Koto Alam satu bapak, sehingga saya merasa juga bagian dari warga Padang Ganting.

Berbicara masalah pendidikan, nagari Padang Ganting boleh dikatakan tidak ketinggalan dari nagari-nagari lainnya di Sumatera Barat. Hal tersebut ditandai dengan begitu banyaknya warga yang telah berhasil menyelesaikan program S2 dan S3 dan menempati jabatan penting diberbagai Perguruan Tinggi.

Namun demikian, kita juga perlu instrosfek diri dan jangan sampai larut dengan masa lalu yang cukup cemerlang. Untuk diketahui, dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini Padang Ganting tercatat menempati ranking dua, kata Bupati berhenti sejenak dan kemudian melanjutkan, tetapi ranking dua dari belakang.

Kondisi semacam ini perlu menjadi perhatian kita semua, jika itu kesalahan dari kepala sekolah, besok pagi bisa saya berhentikan. Tetapi, jika itu kelalaian siswa atau orang tua yang kurang mengawasi anak-anak dalam belajar kita tidak bisa menyalahkan kepala sekolah dan guru dan saya sendiri juga tidak mungkin untuk mengawasi langsung kesini.

Kepala Daerah menghimbau agar sektor pendidikan ini menjadi perhatian serius, jika nagari Padang Gating kedepan tetap menjadi gudang pencetak para intelektual. Perhatian Pemkab Tanah Datar terhadap pendidikan cukup besar sekali, ditandai dengan memberikan bea siswa dan biaya hidup bagi mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri seperti UI, ITB, UGM,UNDIP dan Unand.

Bupati M.Shadiq Pasadigoe, selain mengambil sumpah jabatan dan melantik Amril Agus, SE.Akt juga menyaksikan serah terima jabatan dari pejabat Wali Nagari Padang Ganting Yushar kepada Amril Agus, SE.Akt dihadiri para perantau Padang Ganting serta para undangan lainnya yang memenuhi halaman mesjid Syuhadak Koto Gadang.

Sebelumnya, di SKB Tanah Datar I Pagaruyung Kepala Daerah juga telah melantik Wali Nagari Pagaruyung H.Djamaris Malin Sutan menggantikan pejabat lama Zulkifli Idris. Djamaris Wali Nagari terpilih diharapkan mampu membawa perubahan dalam membangun nagari Pagaruyung, karena telah banyak berpengalaman dalam berbagai organisasi serta mantan anggota DPRD Tanah Datar.Humas/WD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar