Senin, 20 September 2010

Nikmatnya Mandi Air Panas di Aie Angek Padang Ganting


[Image: art_8676.jpg]

TANAH DATAR (KoranDigital.Com) - Padang Ganting ternyata tidak hanya dibesarkan oleh nama Tuan Kadhi dan sejumlah nama cendekiawan (Mawardi Yunus, Musliar Kasim dan Mayjen Amril Amir), tetapi juga nagari yang terletak dikaki bukit Pagie dan bukit Palano ini menyimpan objek wisata sumber air panas yang bagi masyarakat setempat disebut Aie Angek atau semacam Ciater di Jawa Barat.

Padang Ganting yang juga ibu kecamatan dari kecamatan Padang Ganting kabupaten Tanah Datar propinsi Sumatera Barat, terletak sekitar 18 KM dari kota Batusangkar menuju arah kota Sawah Lunto. Letaknya yang agak kerendahan, sangat memungkin tempat keluarnya sumber air panas yang konon berasal dari Gunung Merapi.

Meskipun permandian air panas Padang Ganting ini belum sebagus Ciater di Garut atau permandian air panas lainnya di Jawab Barat, namun sejak beberapa tahun terakhir ini sudah mulai dibenahi, terutama dalam meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung yang berdatangan dari daerah luar.

Seperti permandian air panas di tempat lain, di Padang Ganting juga menyediakan kolam renang untuk pria dan wanita yang letaknya berdampingan. Sarana yang tersedia selain tempat parkir kendaraan, kamar ganti pakaian juga tersedia mushalla untuk melaksanakan ibadah shalat bagi umat Islam.

Sumber air panas Padang Ganting selain membawa kesegaran bagi pengunjung, terutama bila mandi berenang, yang sangat berarti sekali air panas ini juga mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, remethik dan lain-lain, tidak mengherankan jika generasi tua dan muda selalu mengunjungi tempat ini secara rutin.

Kawula muda dari Batusangkar tidak hanya menikmati air panas ini disiang hari, tetapi dimalam hari juga banyak berkunjung kesana, terutama di malam Minggu. Mereka datang ke sana mengendarai sepeda motor dan ada juga yang menggunakan kendaraan roda empat.

Berlama-lama berenang di air panas Padang Ganting ini kadang-kadang memang membuat kita lapar dan haus. Anda tidak perlu khawatir atau harus mencari restoran keluar kawasan wisata ini, karena disini juga tersedia warung yang menyediakan makanan dan minuman serta kebutuhan wisatawan lainnya.

Biaya masuk ke tempat permandian air panas ini juga tidak terlalu besar, pengelola baru memungut biaya sekedar untuk biaya kebersihan, dengan kata lain tidak sebesar tempat permandian lainnya yang sudah dikelola secara professional.

Berkunjung ke sumber air panas Padang Ganting dengan membawa seluruh keluarga di hari Minggu atau hari libur, jelas mempunyai keasyikan tersendiri. Biasanya, bila sudah sempat berkunjung ke tempat ini, pasti akan mengulanginya kembali, mengingat objek wisata ini termasuk murah meriah. Selamat berkunjung dan menikmati, semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar